Aku Ingin Mencintaimu

September 17, 2007

AKU INGIN

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

( Sapardi Djoko Damono : 1980 )

aku ingin

aku ingin mencintaimu dengan membabi buta –
dengan sebotol racun yang diteguk romeo
tanpa sangsi yang membuat kematiannya jadi puisi

aku ingin kau mencintaiku dengan membabi buta –
dengan sebilah belati yang ditikamkan juliet
ke dada sendiri yang membuatnya jadi abadi

(Saut Situmorang : 1999)

Dua puisi ini adalah satu nafas, lihat saja tiap barisnya, senada. namun, dengan emosi yang berbeda. yang satu diilhami oleh yang lain (?) , alasannya? karena saya ragu jika keduanya tercipta secara ‘terpisah’ lalu secara kebetulan keduanya menjadi identik. saya lebih melihatnya sebagai turunan, sajak yang satu menurunkan sajak lain yang dilahirkan oleh penyair yang lain pula.

aku ingin mencintaimu dengan membabi buta

Si aku telah melakoni cintanya, cinta yang membuta. Menunjukkan cintanya yang membuncah luar biasa. Cinta yang mencoba mendobrak dinding ego yang dibangun oleh orang disekitarnya (orang tua). Yang kemudian rela melebur kedalam diri sang kekasih dengan menempuh “jalan yang lain”. Mati demi cinta abadi, demi “hidup bersama” sang pencinta.

aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Cinta yang tidak berapi-api, namun mendalam. Lebih memilih untuk menikmati cinta sendiri, menunjukkan dengan berbuat. Tanpa harap pada balasan. Ia mungkin bahkan tak berharap di engkau yang ia cintai itu tahu bahwa ia mencintainya. Inilah paradoks lain dalam sajak ini. Cinta yang menawarkan cara mencintai yang berbeda dengan cinta yang kebanyakan kita lakoni saat ini. Padahal sebetulnya, pada hakikatnya, begitulah cinta yang sesejatinya itu. (HAH)

Meski begitu, kedua sajak ini tetap saja beda. Orisinil dengan ciri khas masing-masing penyair.
Saut menyandarkan ungkapan cintanya pada perumpaan orang (legenda?) untuk melukiskan cinta yang tak sampai , sedangkan Sapardi lebih memilih hukum alam (benda?). dalam menceritakan perasaan cinta yang tak tersampaikan . namun keduanya mempunyai muara yang sama, cinta sederhana dengan paradoks yang luar biasa.

“Ketika keikhlasan mencintai mengantar pada kesadaran untuk berkorban bagi dia yang dicintai, dan itu disebut sebagai sebuah cinta yang sederhana saja, adakah paradoks yang lebih hebat daripada itu?” kata bang HAH pada blognya

Artikan cinta secara universal ya…😀

45 Tanggapan to “Aku Ingin Mencintaimu”

  1. deking Says:

    Ketika keikhlasan mencintai mengantar pada kesadaran untuk berkorban bagi dia yang dicintai, dan itu disebut sebagai sebuah cinta yang sederhana saja,

    Kekekekek cinta tidak harus memiliki ya:mrgreen:

  2. tan andalas Says:

    hehehe…

    mungkin mas, ndak ngerti saya yang begituan:mrgreen:

  3. deking Says:

    mungkin mas, ndak ngerti saya yang begituan

    Hehehe sama. Saya juga gak ngerti masalah begituan, malahan sering dicap aneh dan manusia batu sama teman2:mrgreen:

  4. mitra w Says:

    ^_^ nice topic. hmmm…, bagiku cinta adalah “mengalami” hehe, sedikit ngutip dari kalimatnya dee lestari.

  5. aLe Says:

    aku ingin terbang tinggii, seperti elang,, *seolah2 seperti dhani*😛


  6. ah cinta, terkadang aku kau buat pusing & demam hihi

  7. novee Says:

    haiyah…
    untuk org yang KATANYA belom punya alasan yg cukup ntuk jatuh cinta…
    imel blom dibales koz yahoo ku nyebelin bgt… ntar yak…

  8. 'K, Says:

    cintaa ooohhh cintaaa
    apaan seh cinta???
    kembali ke posting,,sepertinya saya lebih co2k dgn yg kedua,cinta yg membabi buta,,hehehe

  9. caplang™ Says:

    tapi sepertinya masih lebih mujarab puisi SDD😀

  10. abeeayang Says:

    ya memang kedua puisi tersebut senada
    malah sama hanya kata2nya yang dirubah.
    o iya puisi yang pertama (karya sapardi djoko damono)
    sering buanget aku gunakan untuk merayu pacarku……….
    *malah curhat…….*

  11. telmark Says:

    bagi saya memang dua2-nya sama. yg pertama menuju kearah keabadian. yg kedua melangkah kearah ketiadaan, yg berujung pd (juga) keabadian.
    *sok tau deh gue…. * 🙂

  12. Ai Says:

    Cinta?
    Cinta itu benda berwarna putih yang berharga.
    Ia suci dengan putihnya. Namun, mudah terkotori.
    Maka…jagalah ia agar tak terkotori dan selalu suci.

    Caranya?
    Dengan menempatkannya di tempat yang benar yaitu dengan mencintai-Nya.
    🙂


  13. kadang cintai seperti madu… kadang juga seperti somai… eh gak nyambung yah :))

  14. mataharicinta Says:

    ada kalanya kita harus melepaskan orang yang kita sayangi. bukan karena kita tidak lagi menyayanginya. tapi karena ada seseorang lain yang akan lebih membuatnya bahagia di dunia ini.
    hiks….meskipun kadang statement ini ada benernya, tapi neng kok gak rela ya kalo suatu saat ngalamin kaya gini.

  15. tan andalas Says:

    #deking
    maksudnya apa tuh mas manusia batu? ckckck…. bukan berarti mas deking menyerupai patung kan?😆

    #almascatie
    kayaknya alergi ya mas, kalo bahas2 cinta?:mrgreen:

    #mitra w
    yah.. cinta emang harus di alami mbak😀

    #aLe
    gak cuco ah…😆

    #neng liez
    cinta juga mengirimkan ku malaria:mrgreen:

    #mpok nopi
    loh… siapa bilang saya sedang jatuh cinta, nggak kok😉

    #’K,
    huehehehe… hantam kromo gitu ya mas?!

    #caplang
    SEKAPAT!! SDD emang lebih mengena:mrgreen:

    #abeeayang
    emang pacarnya ada berapa mas?😆

    #telmark
    cinta sejati emang selalu abadi mas *sok tau*:mrgreen:

    #Ai
    juga dengan mencintai dan membenci karena-Nya, bener gak sih ituh🙂

    #ario dipoyono
    maksudnya seperti somai apa mas? mungkin karena mengenyangkan kali yah?!:mrgreen: tapi kok somai sih?!😆

    #neng Ika
    idealnya sih gitu, tapi berat deh kayaknya😀. gak rela….!!!:mrgreen:

  16. almascatie Says:

    puisi ini pernah menjadi kekuatan aku😦
    puisi yg sangat indah🙂

  17. tan andalas Says:

    huahahaha… ternyata ini sebab nyah

    I see… I see😆

    yang tabah yah om:mrgreen:

  18. almascatie Says:

    aha… dah berlalu sejak dulu kang wkakakkaka😛

  19. tan andalas Says:

    sudah sukses recovery ya om? cepetan cari ganti:mrgreen:

  20. Ai Says:

    Yuph. Betul banget.. ^^v

  21. almascatie Says:

    mana?? ada ga stocknya?? kenalin dong
    wakakakkakaka😆

  22. tan andalas Says:

    #Ai
    seep lah Ai ^^v

    #almas
    pesen berapa biji? ntar saya ambilin dari gudang nyah😆

    mau yang pake sedotan ato yang langsung sruput… huwa…..ahahaha…😆

    *ngakak guling2*

  23. xwoman Says:

    puisinya sama2 memuja cinta…

    pokoknya cinta Allah sampe mati😀

    *gak nyambung kan komennya*:mrgreen:

  24. tan andalas Says:

    #xwoman
    ndak apa-apa teh, ke-tidaknyambung-an terampuni disini😆

    aLe😆

  25. tan andalas Says:

    sante mawon mas, jangn pusing2:mrgreen:

  26. imcw Says:

    dari dulu sampe hari ini, saya sulit sekali mengerti tentang puisi…

  27. aRuL Says:

    yah sebenarnya cerita cinta akan selalu sama pada setiap orang hanya pengungkapan yang berbeda, nah kalo ditemukan kesamaan yah memang wajar, karena cinta itu universal dan frekuensi hampir sama…🙂

  28. finkz Says:

    oalah. tapedeh. nokomen ah. maunya mokomen hahaha naonsih

  29. BaRT Says:

    Cinta itu ibarat UFO (unidentified flying object); melayang-layang di kepala, susah didefinisikan, susah dijelaskan, tapi kok seringnya gampang diucapkan. Btw, puisi nya Pak Sapardi ini adalah salah satu favorit saya, “sederhana” tapi “tinggi”, mbingungi tapi bisa dipahami, yaaa kaya’ si Cinta itu hehe…🙂

  30. lily Says:

    hei andalas,,,,pa kabar?
    nggak pulang ke sumatra atao ke cianjur??
    kalo aku sih…..udah doain aja ntar aku sukses trus bisa pulang tiap taon..oke?? (ihik2 lagi nggak bisa pulang taun ini…ihiks😥 )
    pernah dengar puisi “aku mencintaimu diam-diam” nggak?
    wah itu lebih dalem lagi tuh..plus pengalaman pribadi he he…

  31. mataharicinta Says:

    masih gak rela. kenapa siy mesti ada cinta yang kaya gitu.
    kemaren baca novel yang judulnya bellamore,
    trus ada statement disitu;
    “cinta yang sejati adalah cinta yang kita akan selalu bahagia melihat orang yang kita sayangi memiliki kebahagiaannya meski kita bukanlah bagian dari kebahagiaan itu”

    it’s a must ya?

  32. cozyann1974 Says:

    setuju… cinta adalah berbagi semuanya.. kalo bukan, itu hanya infatuation😉


  33. kang lom di apdet juga yach😀


  34. numpang lewat buat mudik….
    wah kayaknya si Andalas dah mudik nih,,blognya gak di up date-up date

  35. mataharicinta Says:

    mau pulang kampung.
    sekalian mohon maaf lahir dan batin, kang:)

  36. tan andalas Says:

    #imcw
    mari pak, kita tadarus puisi bersama, sama-sama belajar😀

    #arul
    kayaknya emang gitu ya mas, gak menutup kemungkinan buat sama

    #finkz
    naha ih jadi teu puguh kitu geuning:mrgreen:

    #BaRt
    SDD emang lebih menyentuh… saya juga suka puisi-puisi beliau

    #lily
    saya insya Allah pulang ke cianjur, pasti deh saya doain biar kamu sukses, bisa pulang tiap tahun😀

    Puisi ‘aku mencintaimu diam-diam’? wah belum pernah baca saya, maklum ini juga baru PDKT sama Puisi. klo ada bolehlah dikirim kesaya:mrgreen:

    #neng Ika

    “cinta yang sejati adalah cinta yang kita akan selalu bahagia melihat orang yang kita sayangi memiliki kebahagiaannya meski kita bukanlah bagian dari kebahagiaan itu”

    katanya sih cinta sejati emang gitu, tapi kayaknya saya juga gak bakal bisa nerima kalo dihadapin situasi kek gituh:mrgreen:

    #cozyan1974
    betul sekali…

    #neng Liez
    sekarang udah apdet neng😀

    #lily
    belum mudik kok, masih berkeliaran di jogja sayah:mrgreen:

    neng ika
    minal aidzin wal faidzin
    jangan lupa-oleh2 ya uni…

  37. w@hyu Says:

    cinta ya cinta..
    tanpa syarat apa pun..
    tanpa peduli yg dicintai itu mau merasakan hal yg sama atau pun tidak..
    mungkin itu kali ya yg disebut cinta membabi buta..

    oot : siapa sih yg bikin istilah ‘membabi buta’? koq gak ‘mengkambing buta’ atau binatang yg lain yah? hehehe..

  38. tan andalas Says:

    #w@hyu
    yaa cinta tanpa syarat
    kalo emang ada:mrgreen:

    oot : mungkin karena tabiat babi yang suka maen srudak-sruduk, kalo ‘mengkambing buta’ ntar gak bisa buat qurban mas *ngaco ah*

  39. dobelden Says:

    @mataharicinta
    “cinta yang sejati adalah cinta yang kita akan selalu bahagia melihat orang yang kita sayangi memiliki kebahagiaannya meski kita bukanlah bagian dari kebahagiaan itu”

    it’s a must ya?

    itu hanya sisi idealis….

    kita hidup ditataran realita… jd tetep klo kita realistis gak akan nerima kondisi itu😀

  40. tan andalas Says:

    sepakat!!! realistis ajah,😀

  41. rizoa Says:

    numpang baca yuch.. mumpung nyasar kesini…

  42. ANTY Says:

    CINTA……?????????!!!!!!!!!!
    KYKX G ADA YANG BISA NGARTIIN SEBGT JLSX SOAL CINTA, COZ SMUZX HAX BS DIRSA & DITUNJUKKAN, NAH TERGANTUNG YG MENERIMANYA…….
    BTW,,,,KALIAN SMUA BS G NGEBEDAIN ANTARA SAYANG DAN CINTA….?? SBBX ORG2 DILUAR SANA BXK YG SRG NYAMA2IN LOCH……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: