Mental Latah, Kita ?

September 5, 2007

Pengertian

Apa itu latah? saya yakin banyak yang lebih tahu ketimbang saya, namun menurut KBBI Latah adalah :
1. Menderita sakit saraf dengan suka meniru-niru perbuatan atau ucapan orang lain
2. Berkelakuan seperti orang gila(misalnya : krn kematian orang yang dikasihi)
3. Meniru-niru sikap, perbuatan, atau kebiasaan orang atau bangsa lain
4. Mengeluarkan kata kata yang tak senonoh

Definisi Saya Culik dari sini

Menurut Dr. Rinrin R. Khaltarina, Psi., M.Si ada empat jenis latah latah adalah ucapan atau perbuatan yang terungkap secara tak terkendali setelah terjadinya reaksi kaget. Ada empat macam latah yang bisa dilihat berdasarkan gejala-gejala tersebut, yaitu ekolalia (mengulangi per-kataan orang lain), ekopraksia meniru gerakan orang lain), koprolalia (mengucapkan kata-kata yang dianggap tabu/kotor), automatic obedience (melaksanakan perintah secara spontan pada saat terkejut). Misalnya, ketika penderita dikejutkan dengan seruan perintah seperti ”sujud” atau ”peluk”, ia akan segera melakukan perintah itu.

Gak percaya? Baca aja tulisan Dr. Rinrin Disini

Latah di Sekitar Kita

Ada beberapa contoh perilaku latah di keseharian kita

1. Latah Nulis
Jika Diolah akan banyak sekali menghasilkan Tema dalam suatu wilayah kepenulisan. tapi, sebagian dari kita terlalu malas buat terjun mencari tema lain. sehingga lebih memilih terjebak kepada tema-tema yang telah dipopulerkan oleh para pionernya. pada dunia fiksi, siapa yang tak kenal Novel Pembangun Jiwa dari Novelis Muda Habiburahman El-Shirazy yang mampu nangkring di tangga Novel Best Seller dengan belasan kali naik cetak. awalnya, siapa yang menyangka(?). tapi lihat sekarang, mampirlah ke toko-toko buku, atau pameran-pameran buku. kita bisa dengan mudah menemukan Novel ber-genre sama, dengan nama penulis yang semakin beragam.

2. Latah Tipi
Sudah semakin sulit rasanya untuk mencari ciri khas suatu stasiun televisi, terlalu banyak pengekor. al-hasil acara-acara jadi seragam, begitu membosankan dan berlaku musiman. JIka salah satu stasiun Televisi sukses mengangkat satu jenis acara. maka, sudah dapat dipastikan akan muncul acara-acara yang sama pada stasiun televisi lain. masih ingat Pemburu Hantu , Gentayangan, Dunia Lain? atau Indonesian Idol, AFI, Seleb Mendut? atau Sinetron-sinetron lain yang gak penting? :p

3. Latah Musik
Ini dia, lihat saja akhir-akhir ini semenjak naiknya pamor band-band beraliran pop melankolis sekarang ikut menyerbu band-band baru yang sealiran. dengan musik beda berjenis kelamin sama dan tema yang diusung sudah pasti sama.

4. Latah Pilem
Musimnya pilem panas, rame-rame bikin pilem panas, ntar pas pilem horor lebih disukai, nah makin banyak aja hantu-hantu berkeliaran di bioskop. Pas musimnya genre komedi maka muncul jugalah para pelawak di layar-layar lebar.

ada lagi yang mau menambahkan?

Bahaya Latah

Apakah Latah Begitu berbahaya? yap, tentu saja dan menurut saya ini dia akibat jika kita latah

1. Mengekang Kreatifitas
Karena kita sudah terbiasa untuk meniru orang lain, berbuat seperti orang lain bertingkah laku. akhirnya kita kehilangan daya untuk ‘mencipta’ hal-hal yang baru, yang lebih segar dan kita akan mapan dengan kejumudan. “be a leader dont be a follower”

2. Mengikis keberagaman
Jangan harap menemukan hal-hal ‘baru’ jika budaya ini terlanjur menjadi akut. semua orang akan memilih untuk seragam kertimbang bersusah payah membuat hal yang sama sekali lain. bisa-bisa slogan kita akan berubah dari “walaupun berbeda namun tetap satu jua” menjadi “walaupun satu asalkan berbeda-beda”.

3. dan Banyak lagi yang lainnya namun ternyata otak saya terlalu lemot untuk berpikir lebih jauh, Silahkan untuk menambahi kalau anda bersedia, kalau tidak, ya saya mana bisa maksa:mrgreen:
Jangan terlalu serius ah.. santai saja ^^v

ctt: inih adalah tulisan latah karena mau ikutan tiru-tiru tulisan-tulisan berikut inih

Antara Latah Penyakit & “Latah Gaul”
Latah
Latah – Wikipedia, the free encyclopedia
LATAH: Budaya Miskin Kreativitas
Tiramisu Latah

39 Tanggapan to “Mental Latah, Kita ?”


  1. Eh, kira2 ada latah ngeblog nggak, ya? Kalau ada apa ciri2nya, hayo?😀:mrgreen:

  2. deking Says:

    Keduluan Pak Sawali😀
    Awalnya penasaran dengan latah ngeblog

    Ah latah sepertinya salah satu sifat dasar manusia juga sebenarnya.
    Manusia kan mampu survive karena melakukan proses imitasi…nah latah merupakan salah satu bentuk proses imitasi juga…walau kadang kebablasan

  3. andalas Says:

    #Sawali Tuhusetya
    wah.. iya, ciri-ciri latah ngeblog yah? saya ini bisa lah jadi contoh huehehe…:mrgreen:

    #deking
    sifat dasar manusia? hmmm apa iya?
    klo dalam tahap perkembangan bukannya berlaku pada anak-anak? atau pada orang yang baru mengenal suatu bidang, ngeblog misalnya?! tapi nggak lantas keterusan kan? yaa mungkin itu tadi jangan kebablasan😀

  4. fertobhades Says:

    ada yang menarik dari latah :

    Latah is a condition of hyperstartling found in southeast Asia that is commonly considered a culture-specific syndrome.

    yang menariknya, latah itu benar-benar sindrom psikologis yang culture-bound alias hanya ditemukan di Asia Tenggara atau lebih spesifik pada rumpun ras Melayu. Saya sendiri nggak tahu kenapa bisa sampai begitu.

    secara psikologis sebenarnya bisa diterangkan dan diterapi, tetapi memakai pendekatan neuropsikologis. yang belum ketemu jawabannya : kenapa melayu ?😆

    mungkin ada hubungannya dengan gen… *mungkin lho*

  5. Joerig™ Says:

    aku latah komen😆

  6. almascatie Says:

    *baca post diatas trus baca comment *
    latah akan menjadi penyakit sekali bila tidak diasah dengan kreatifitas😀

  7. sandy eggi Says:

    wah bukannya itu karena faktor ekonomis… adanya permintaan pasar sehingga orang mau ngga mau membuat sesuatu yang sama dengan alasan sudah ada market. terlalu takut untuk beda bisa juga jadi penyebabnya. kalo kamu latah apa ?

  8. andalas Says:

    #fertobhades
    mungkin itulah salah satu keunikan ras melayu, bisa kena penyakit unik😆

    mungkin ada hubungannya dengan gen… *mungkin lho*

    mungkin juga tapi kata dr. Rinrin lebih disebabkan oleh faktor psikologis dan lingkungan sosial *kalo gak salah sih gitu*:mrgreen:

    #Joerig😆

    #almascatie
    wahh mas almas pinter juga:mrgreen:

    #Sandy Egi
    bisa jadi, karena kita lebih memilih mengikuti pasar ketimbang ‘membuat’ pasar, karena terlalu malas mengambil resiko kali yah..

    Kalo kamu latah apa?

    Latah ngeblog kayaknya:mrgreen:

  9. novee Says:

    mmm… mmm… mmm…
    apa yah? koq aku ga bisa komen niy…
    yg jelas aku pernah kabur ketakutan gara2 temen2 nge goda in org latah disuruh nyium aku.
    Asli tu org nunggu in di depan pintu ruang kaca berjam2 n aku menggigil karna liat tampang nya yg beneran jadi serem
    *org itu ibu2, kl normal tampang nya biasa2 aja, tp gara2 di program suruh nyium, tampang nya jd mengerikan… sumpah!
    Duh, ga mau inget2 yg ginian lagi…*

  10. andalas Says:

    #novee
    hahahaha *ngakak guling-guling*
    ada ya latah jenis ginian, ato jangan-jangan itu bukan karena latah kali ah…😆
    saya juga mau deh klo gitu:mrgreen:

    *ngumpet sebelum ditimpuk sendal*

  11. novee Says:

    *PLETAK!*
    tuh… suara timpukan sandal nya, tp cuma sebelah n butut pula…
    dasar kurang ajar…!

  12. andalas Says:

    #novee
    *pungut sendal bututnya balikin ke mpok novee dengan cara yang sama*
    *PLETAK*
    Rasain tuh… sendal butut😆

  13. almascatie Says:

    *ikut latah*
    timpukin andalas pake kerangjang buah
    *kaburrr*

  14. andalas Says:

    *gebukin almas*
    Kurang ajar!!! *tereak pake TOA*

  15. novee Says:

    GA KENA! weeekkk…
    aku kan udah nge les ama asiten praktikum kamu… *hihihi*

    eh, balik ke ibu2 latah yg bikin aku phobia kl liat dia, dia itu latah nya nurut apa pun kt org. Sumpah lo…
    klo disuruh joget ya joget. pernah waktu itu dia joget seharian… asli nge bor ampe snewen aku liat nya… kasian!
    abis nge bor, untung nya org2 yg ngerjain pd nyawer.
    Dia nya asli malu, tp ga bisa nolak apapun yg org suruh.
    amit2 deh, jgn sampe latah kaya gitu
    *eh dia pernah nyaris tlanjang krn emang dikerjain disuruh tlanjang… duh, tega bener deh org2… belom kualat ajah…*

  16. andalas Says:

    #Novee
    kayaknya tuh ibu-ibu ngidap yang ini ‘automatic obedience’

    kalo bener kejadiannya kayak gitu, kasian tuh ibu-ibu, pasti cape banget disuruh gitu-gitu. gak tega saya klo ikutan ngeliat suka sedih sendiri *halah hiperbolis banget*
    masi untung klo abis itu ikutan nyawer, tapi tetep aja bikin malu kalo di depan umum.

  17. novee Says:

    Hahahaaa… Hihihiiii… Huhuhuuu…
    *ngetawain yg sedih sendirian…*

  18. Zawa Says:

    Eehehehehehee… copot copot… *latahnya mpok atik hihihihi…*

  19. aLe Says:

    latah mencet submit koment😆 pdhl blm slesei nulis😀

  20. aLe Says:

    kok msh ‘awaiting moderation.’ terus,
    takut kena spam? khan uda ada akismet😉

    ato takut ada spam yg latah😆

  21. aLe Says:

    kurang satu tuh artikelnya

    kelebihan latah
    Bagi cowo bisa dekat ama cewe, karena biasanya cewe seneng godain cowo latah😀 jadi klo gak latah, misal ada cewe mending ngGaya latah aja😆 *pengalaman pribadi nih ye :P*

  22. caplang™ Says:

    eh kaget!!

    *reflek ngetik n pencet Submit Comment*


  23. yup… latah emang membuat orang kurang berkreatifitas. Klo latah ibadah baru boleh..

  24. tioooooooo Says:

    monggo mas di culix …
    lam kenal😀

  25. zZa Says:

    kalo saya mah ga seneng suka ama yang kebanyakan orang suka…

    Malah males gitu rasanya ^__^

    *btw kok ga ada shoutboxnya ya🙂

  26. andalas Says:

    #Novee
    jangan ketawa👿

    #Zawa😆

    #aLe
    Halah……..😆

    kok msh ‘awaiting moderation.’ terus,
    takut kena spam? khan uda ada akismet😉

    pertahanan ganda gitu:mrgreen:

    *pengalaman pribadi nih ye :P*

    dasar buaya darat gombalion😆

    #Caplang:mrgreen:

    #ario dipoyono
    yeahh.. setubuh!!!😆

    #tiooooooo
    matur nuwun nggih😀

    #zZa
    Persis saya juga hampir-hampir gitu lah *apaan sih?*
    emang gak pake sotobox nih, makanya dibikinin ruang tamu:mrgreen:

  27. dobelden Says:

    tetangga ku nek kaget latah nya :

    “mbokku slawe”

    wakakkkakkakka….

  28. Nisa Says:

    gw kira latah — latah beneran
    taunya copycaters ya…😛😛😛

    kalau latah beneran, gw suka. soalnya enak dijailin. xixixi:mrgreen:


  29. aky latah ngeblog, latah kasih komen, latah nimpukin sendal ke andalasa gara gara kulkasku abis dirampok gag bersisa…. hiks… hiks.. hiks… “pletak* ngelempar klompen ke andalas… “kaburrrrrrrrrrrrrrr”

  30. andalas Says:

    #dobelden
    hahahaha.. aya-aya wae😆

    #Nisa
    hehe ketipu yak?!:mrgreen:

    #mami imoy
    wadohh… masih di tanyain aja, bukannya dulu nawarin? gimana sih😦 *sambil cemberut megangin kepala yang ditimpuk klompen*

    BALAS!!!👿


  31. […] yang dilarang. Semua aturannya sangat gamblang dan jelas. Jadi jangan asal anut, asal islam. Latah namanya. Keputusan menuntut konsekwensi dan kepatuhan terhadap aturan main itu tadi. Jadi ketika […]

  32. mataharicinta Says:

    neng termasuk yang latah komen gak ya?

  33. xwoman Says:

    yang aku inget sih dulu jaman sekolah anak2 tuh sengaja pengen latah… misalnya pura2 kaget yg latahnya ngembat jatah makanan orang… latah nyontek… dan banyak latah yg lainnya😆

  34. andalas Says:

    #neng ika
    wahh..wahh… kayaknya sih iyah:mrgreen:

    #xwoman

    yang aku inget sih dulu jaman sekolah anak2 tuh sengaja pengen latah…

    ahh.. jangan suka menuduh orang lain, ngaku aja napa!😆


  35. […] postingannya pak Erander nih gpp lah yang penting isinya tidak kupipes dan tidak bermaksud untuk latah […]

  36. 'K, Says:

    ikutan latah komen ahhh🙂

  37. andalas Says:

    #’K,
    monggo silahken… *sambil latah nimpuk*:mrgreen:

  38. Eucalyptus Says:

    Kesian seh sama orang yg latah, tp kok suka ngisengin juga buat lucu2an… he he he

  39. achmad heriawan Says:

    ahmadiyah juga latah ya….he..he…he…
    cari nama lain dong……….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: