Review Buku : Travellous

Maret 11, 2009

“Sudah berlalu tiga jam dari kedatangan.  Dada masih saja naik turun ga karuan, gugup!. Akhirnya dengan bijak saya memutuskan untuk duduk diruang tunggu, diam disana, beradaptasi dulu. Memulai bercakap dengan orang sekitar untuk lebih menguasai diri dalam keadaan shock culture. Waktu terus berjalan dari pagi, Siang lalu menuju sore yang kelabu. dan perut saya sekarang lapar…” (hlm: 33)

Satu lagi buku yang diangkat dari blog, sebuah catatan online seorang backpacker bernama Andrei. Andrei mengaku bahwa keinginannya merenggut jurnal onlinenya dan mewujudkannya dalam bentuk hardcopy berangkat dari banyaknya permintaan untuk menerbitkan blognya menjadi sebuah buku.

Saya excited sekali mendapati kenyataan bahwa sayalah orang pertama yang membaca versi buku-nya dan langsung saya terima dari penulisnya sendiri. Alhasil, setelah buku ditangan, saya langsung melahapnya habis halaman demi halaman yang tidak satu paragraf pun saya lewatkan. dan kemudian menuliskan review ini sembari berharap bahwa sayalah orang pertama yang mereviewnya.

Review TravellousDalam bahasa Hernowo buku Andrei ini bisa dikatakan sebagai buku yang bergizi, menurut saya buku ini sarat akan emosi, membacanya akan membuat kita tersedot masuk kedalam lingkaran emosi dalam buku. lebih menyentuh sisi emosional ketimbang penuturan deskriptif hingga tak heran pembacanya pasti dapat masuk dalam suasana yang digambarkan oleh andrei.

Andrei sendiri lebih memilih untuk menyebutnya sebagai jurnal ketimbang sebagai novel.

“Bedanya dalam buku ini saya membagikan pengalaman pribadi saya yang nyata-nyata saya alami, tidak seperti novel yang banyak orang bisa menghayal untuk mengarangnya” begitu Andrei memberi alasan.

saya sendiri tidak ambil pusing kemana buku ini di golongkan, bagi saya yang juga merupakan pembaca blognya, tulisan Andrei ini turut memperkaya.

Ketika Andrei bilang “My life like a roller coaster”  Setelah membaca tuntas buku ini saya tidak ragu untuk meng-amin-i nya. membacanya saja sudah membuat saya merasa turut menunggangi “Roller Coaster” itu. Banyak hal yang terjadi, sesuatu yang Unpredictable. Andrei menuturkannya dengan Ciamik dan sukses memaksa saya tenggelam dalam halaman demi halaman serta kisah demi kisah. Disatu halaman saya menghiba menyaksikan seorang pemuda asing menahan lapar dan kebingungan di sebuah bandara, kemudian saya tergelak mendapatinya dijuluki sebagai miss indonesia di hadapan teman-teman dari penjuru dunia yang belum dikenalnya, yang kontan terbahak mencemooh (Seandainya kamu pake wig pasti lebih pantas Rei, hehe…)

Tulisan Andrei sedikit memupus anggapan saya tentang orang Eropas yang individualis, arogan dan sombong, Andrei lebih sering menggambarkan mereka sebagai orang-orang yang ramah, baik hari dan menghargai orang lain.

Ini bukan sekedar cerita tentang serunya bertualang kebanyak tempat di negara-negara eropa, di dalamnya juga dibumbui oleh kisah persahabatan (atau cinta) penulis. Terhadap gadis manis di kota hujan bersama romantisme masa lalu, kepada Julles si gadis rupawan atau juga Ling si centil yang ceria. balutan kisah romantis ini lah yang mebedakannya dengan catatan perjalanan lainnya yang pernah saya baca.

Diluar itu, banyak lagi yang diceritakan penulis, mulai dari kekagumannya akan sistem transportasi di negara yang dikunjungi-nya, tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, beberapa tips sampai manga pun dibahasnya.

Akhirnya, dengan gaya bertutur yang mengalir, pemilihan diksi yang tepat.  bagi saya pribadi buku ini cukup memberi inspirasi. membuat saya seolah berada bersama Andrei saat ia menjalani kisah demi kisah yang dituturkan.

“Hidup ini penuh perjuangan. Jangan manja dengan segala hal yang memudahkan. semoga besok, lusa atau seterusnya, hari-hari akan kembali menyenangkan ” (hlm : 162)

Penulis : Andrei Budiman
Penerbit : travellous Publishing
Tahun : 2009
Jumlah Halaman : xvi + 213

lebih lanjut kunjungi http://travello.us

25 Tanggapan to “Review Buku : Travellous”

  1. Travellous Says:

    Nice review, yaa kamu orang pertama yang mereview buku ini, dan seneng bgt laah kmu bisa merasakan “sesuatu” di buku saya ini. bikin saya bersemangat untuk terus berkarya! keep blogging :)

  2. nop Says:

    huhuhuuu..
    cover nya bagus! jd penasaran isinya utk tau potongan2 kisah yg hilang dlm blog skaligus ending nya..

  3. nop Says:

    huh! mentang2 pernah ngerasain menunggangi roller coster di dufan kapan ituh..

  4. nop Says:

    >>>Disatu halaman saya menghiba menyaksikan seorang pemuda asing menahan lapar dan kebingungan di sebuah bandara<<<

    beuh.. ini mah gw banged!
    tanya tuh si Andrei, bagian yg ini yg paling menyayat & sukses bikin gw nangis bombai..
    Ya Tuhaaaan berilah aku nasi
    kalo ga salah itu kalimat nya..

    ***eh-eh-eh.. nanti ada lagi ‘orang’ yg menuduh gw jatuh cinta berat plus ngejar2 si Andrei gara2 gw nangis bombay gara2 si Andrei kelaparan..
    HUH! dunia.. dunia.. kita bersimpati terhadap derita org lain pun dianggap naksir! susah kl hati udah kotor & tercemar dengki! lho koq jd curhat…***

  5. nop Says:

    eh salah deng.. yg ini mah bukan kejadian di bandara! tp kejadian saat si Andrei lapar & rindu nasi..

    yg di bandara itu kan kl ga salah Andrei dpt roti dari ibu2 endonesyah yg baru pulang haji yah..

    huaaaaaaaaaaaaaaa.. mana buku gw???!!!
    kirimkan cepaaaatttt!!!!

  6. Travellous Says:

    @ Nop: Yaa kamu hampir saja salah menanggapi isi bagian cerita bukunya. Hahaha!
    untung ingatan mu masih kuat! hayoo-hayoo baca! dijamin deeh ;). Ayo Tan tanggung jawab kirim ntu buku! wakakak

  7. tan Says:

    Tau ga, aku lg kangen jules. Tpat saat aku sadar buku itu tlah tandas!
    *di sambit andrei pake sandal*

  8. nop Says:

    Huh Jijay!
    tatau diripun ikut2 kangen Jules
    gw bilangin leonista baru tau rasa!

    *sambit aja tuh mahluk ini pk sandal, nDrei.. jgn lupa sambit pk yg kanan & yg kiri biar bermanfaat.. kekekekkk*

  9. Travellous Says:

    Baiklah Tan: jika dirimu berminat dengan gadis itu, segeralah mengemas ranselmu pergi ke London. wakakak

    Boro-boro nyambit sandal, kemaren aja sendal ketuker di Majelis ^_^

  10. gadis rantau Says:

    @Tan&Novee:enak dong kalian dah baca bukunya andre..kalo sekilas seperti yg tertulis diatas berarti aku udah isa sedikit nebaknya. aku khan suka nguntit “pena” andre di blognya. meski begitu aku tetep penasaran lho ya…

    @andrei:sepertinya penerbitan ndiri ya ndrei. keren oe..kalo aku sih masih kere ndre..dua bukuku diterbitin anaknya Jawa Pos,he..he..masih numpang milik orang..btw,inspiratip banget setelah mbaca tentang dikau nih. jadi pengen lekas kelar nyelesein hasil observasiku selama 6 tahun di HK nih. jika ada waktu or kesempatan,kita sharing ya ndrei..

  11. Treante Says:

    wah, kapan ya blog saia dijadiin buku :-P

  12. ichaawe Says:

    tan … mana jatah gueeeee??????? btw butuh nomor telpon DHL atau UPS?
    eh ya … buku yg bwt gw ada tanda tangan asli book authornya gaaak? huhuhuhu penasaran euy pgn baca.

    u/ novee: kalo andrei nelorin buku lagi, jgn lupa jatah buat gw juga di amankan. :P

  13. aphied Says:

    bknya andrei emg baguus beud. . .^^

  14. Yoshe Says:

    Ndrei..! Mana jatah buku bwt aq..??? Hahaha..Tepatilah janjimu..

    Tak tunggu undangan makan2 y ndrei..! Ngumpul2 ama ank2 CS jogja skalian bedah bukum u ndrei.. Hahaha..

    Siap2 terkenal,ndrei..bwahahaha..

  15. ichaawe Says:

    kemana aja loe??? apdet doooong .. cerita2 doooooooong

  16. travellous Says:

    Hey tan, apa kabar? masih suka makan di Sakti? :D

  17. eMo Says:

    klo M ke jogja pinjeeeeemmm.. hueheu
    *duh penyakit penyuka gretongan M lom sembuh rupanya :D *

    eh M pikir bukunya ga setebel ituh.. wah..mayan banyak dunk tuh ceritanya..

  18. novee Says:

    masih sebel lihat poni lo ituh..
    asap lo ketemu gw, jgn sampe poni jimat lo ituh bikin gw hilaf hingga membuat jalur khusus bebas rambut di tengah2 mbun2an lo..
    suwer deh, gw ngeri mata lo mendadak jereng
    coz gw pernah baca dimana gituh, poni mesum spt milik lo ituh bikin mata mendadak kompak.. item2 nyah TOZ : bertemu ditengah
    lo ga mao kaya gitu kan..?
    beuh!

  19. novee Says:

    lho.. gw pk imel apa seh td???
    koq avatar gw standar bagetoh..
    coba tulung dikoreksi imel nyah!

  20. tan Says:

    hush… masih saja dikomentarkan masalah poni, mending kalo komentar enak. bukan komen menakut-nakutkan gituh…
    beuh!

    eh, mana alamat woy… masi mau dikirim ga sih buku-nya????

  21. novee Says:

    dih! srius gw.. bukan nakut2in..
    lo tinggal pilih dah.. mo jereng ato juling???
    gyahahaaa.. gada pilihan yg manis spt nyah..

    buku apa seh??? buku tulis? buku gambar?
    buku.. buku.. NOVEL gituh!
    simpen ajah sama lo dolo, gw ga mut bacanyah
    nanti lagilah, kapan2 kl kembali minat

    *mending lo sewa-in dolo drpd mubajir.. lumayan ada 3biji bisa buat tambahan beli pulsa euy*
    gyahahaaaa.. bawel ah! simpen ajah dolo di elo

  22. tan Says:

    beuhh… ntar gw lego lagih, menyesal lah dikau!

  23. morishige Says:

    nice info..
    ntar kalo ke tokobuku saya cek deh..

  24. ETHOURE Says:

    no comment cumma iseng lewat doang gan…wkkkkk

  25. Sobat Bercahaya Says:

    wah cocok nih buat para backpacker.


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

