Kura-kura : Siapa Jantan, mana Betina

Juni 4, 2007

Ttortoise-color.gifubuh Kura-kura dilindungi oleh sejenis pelat tulang yang membentuk cangkang serupa Batok yang menempel di ‘Punggung’nya (bony shell), ada dua pelindung bagi tubuh kura-kura. dibagian atas, berupa Karapas dan bagian bawah tubuhnya di sebut Plastron. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting; sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung.

 

Kura-kura bukan hanya pembiak yang antusias, tetapi juga memiliki karakteristik seksual eksternal yang sering menyulitkan mahluk lain selain kura-kura untuk menentukan yang mana jantan dan yang mana betina.

 

Pada Beberapa Spesies, jantan dan betina dapat dibedakan tortoise2.jpgdari ukuran ekor, biasanya ekor pada kura-kura jantan lebih panjang, tapi Ukuran Betina lebih besar bila dibandingkan dengan jantannya. Kura-kura Jantan dapat dikenali juga dengan adanya lekukan pada plastronnya atau cangkang bagian bawah. lekukan ini akan pas dengan bagian belakang kura-kura betina, kura-kura betina memiliki plastron yang datar atau cembung. Untuk membuahi telur betina, kura-kura jantang menyembunyikan organ seksualnya di dalam kloaka atau saluran pembuangan. Saat membuahi betina posisi jantan itu sendiri berada diatas betina dan sering kali mencengkram cangkang atas atau karapas betina dengan dengan cakarnya, kemudian mengaitkan ekornya hingga lubang kloaka jantan bertemu dengan kloaka betina. Seringkali lusinan telur berkembang secara internal dan biasanya diletakkan dan dikubur dalam tanah berpasir.

 

Fertilisasi terkadang didahului oleh ritual percumbuan yang rumit, dimulai dengan demonstrasi tarian selama berjam-jam lalu diikuti kopulasi yang hanya berlangsung beberapa menit. Kura-kura betina dapat menyimpan sperma jantan untuk membuahi telurnya, kadang-kadang telur dibuahi setelah bertahun-tahun kemudian.

 

Bacaan lebih lanjut:

  1. Kura-kura dan Penyu http://id.wikipedia.org
  2. The Biogeography of The Desert Tortoise http://bss.sfsu.edu

 

About these ads

95 Tanggapan to “Kura-kura : Siapa Jantan, mana Betina”


  1. wah bagus banget artikelnya, boleh gak aku copy? (kabari ya!) soale ayah utam thu hobi banget ma kura-kura. dia punya koleksi segala pernik yg berwujud kura-kura. trus aku jadinya juga tahu ternyata kura-kura matahari yang ada di rumah ternyata jantan dan kura-kura brazil betina (gak nyambung deh spesiesnya) soale selama ini aku bertanya-tanya dalam hati ni kura-kura jantan ato betina. tq ilmunya. barokallah.

  2. diana Says:

    Aku dan anakku suka kura2. Sayang keduanya pergi meninggalkan kami, tanpa jejak ‘(

  3. andalas Says:

    #triplet’s mom

    monggo2 di copy aja mom, sepuasnya pokoknya mah…:)

    # diana

    iya mbak, saya juga suka kura-kura sayang belum pernah melihara, takut gak keurus.

  4. Pury Says:

    wah, trima kasih uda brkunjung..hehehe
    aku melihara kura2 brazil..sekrg uda besar..

  5. jt Says:

    kura kura itu jantan semua, liat aja kepalanya yang bisa keluar masuk gitu. :)

  6. andalas Says:

    #Pury
    makasih juga kunjungan baliknya
    pasti lucu banget ya kura-na hihihi :D

    #jt
    hahahha…bisa aja….


  7. Wah, terima kasih banyak informasinya. :D
    Kebetulan saya ada kura-kura tapi tak tahu jenis kelaminnya. :P

    Btw, salam kenal ya.

  8. RMY Says:

    kura-kuraku hari ini mati..ak juga tidak tau apakah sudah mati atau tidak..karena masih lemas..sesuatu bergantung di dekat buntutnya..dan berdarah. saya sangat sedih..saya rasa itu adalah usus atau penisnya.


  9. wah, saya baru tau.. makasih loh!

  10. feby Says:

    Waduh!!! nek gtu kura-kuraku jantan smua dWonk????

  11. iboi Says:

    seneng banget bacanya…, jadi pngn piara kura-kura. boleh minta advie ptshopnya

  12. endo Says:

    tulisan loe tentang kura2 bagus bgtm btw gw pengen jual kura2 brazil gue yang umurnya dah lebih 10 taon ayo siapa berminat ???, gue punya dua cuman gue lepas satu juta (dua2nya)….. (hendro@mail.tempo.co.id)kabarin gue ye kalo ada yg mau nambah koleksi kura2nya atawa pengen coba miara kura2…… OK

  13. agung Says:

    saya punya kura2 rawa dari muara badak Kalimantan Timur. Aq suka banget, termasuk keluargaku. Kalau ada yang tertarik kirim Email Ke aq, s.agyng.p@gmail.com.
    ……..Txs….ya

  14. pinghui Says:

    Saya juga punya 2 ekor kura kura brazil dan baru bertelur 2 biji sdh saya perihara 4 tahun telurnya saya timbun dengan pasir, kira kira bisa netas ngak truss butuh waktu berapa lama uuuhh ngak sabar nich. kaya tunggu anak lahir.

  15. biawax_roma Says:

    wah, enak ya ada sesama pecinta reptil,
    aq juga cinta reptil, tapi yang bangsa2 biawak, gitu….
    peace for all animal lover!!!!!!!!……..

  16. Anggie Says:

    Hai salam kenal, aku baru 3 bln pelihara 3 kura2, 1 jenis Brazil. Kata temen bisa tau kura2 jantan dan betina dari motif cangkang bagian bawah, kl motif sedikit jantan kl motif banyak betina, bener g seh? kl yang tau tolong infonya ya..

  17. rachmad Says:

    bgs bgt tulisannya, sayang tu pic kecil bgt jd ndak keliat keterangannya, aku punya dua tp ndak jenisnya dr mn.. mgk lokal aja…jk ada yg punya artikel tentang kura kura yg lain kasih donk.. trim’s ya.

  18. apple's mom Says:

    wow..boleh jg neh tulisannya..
    Q punya 2 kura2 yg satu mati usia 3blnan yg satu bertahan mpe now sekitar usia 2 th 7 bln hohoho..
    Hmm..rata2 memelihara kura2 gampang yg betina lho..

  19. apple's mom Says:

    o iy..
    ati2 ma jmur yg ad d air t4 qt melihara tu kura..
    Sepertinya punyaq yg dlu mati gr2 adaptasi air yang lumayan keras..pindah rmh bo’ hohoho…
    Now yg usia 2 th 7 bl dah sgede tlpak tgn orang dewasa..
    o iy wkt msh kecil..sering2 ksh kura2 vitamin..btknya panjang2 gitu kaya stick warna coklat..lumayan buat kura2 g gmpang sakit…
    sering2 juga diajak olga+djemur biar cangkangnya biar kuat…..
    eh pcy ato g kura2 bs donk bhs qt lho..q sering ngajak ngobrol Apple,kura2q hehehe..katanya sey kaya orang gila tapi cukup membantu pertumbuhannya,,
    jgn lupa cuci tgn setelah megang kura2…

  20. eggi Says:

    Wah, ternyata bukan aku sendiri pencinta kura2 dan reptil…
    mas, mbak, akang, teteh, siapa aza deh.
    bisa kasih saya info lengkap bagaimana cara mengembangbiakan kura2 gk?
    saya punya 2 ekor kura2 brazil, dan berencana mengoleksi berbagai jenis kura2 yang bisa saya temui, tapi pengen bisa ngembang-biakinnya juga.
    Kalo ada yang tau, banyak atau sedikit tentang kebiasaan berkembang-biaknya kura2 tolong kasih tau saya di topi_kura2x@yahoo.co.id.
    Thnks.

  21. Jessica Says:

    Sy pny kura” nih cewe-cowo…

    Ini barusan bertelur, tapi telurnya pecah semua krn keinjak dewe…
    Tp setelah diCek ulang trnyata ada 1 telur yg blm pecah…Gimana netesinNya??

    Harus di kubur di pasir dan dihangatkan pake lampu panas kah?Kyk telur ayam gt(dihangatkannya)..Waduw,,,Aq ngga ngerti nih..

    Jk ada yg tau kbri di jessy_pw@yahoo.com

    Makasi…^-^v

  22. wawan Says:

    aku juga punya kura2 4ekor tapi yang satunya pura2 mati jadi aku buang pas bsoknya ada orang nemu kura2 ternyata itu kura2ku lucu juga ya dia pura2 mati.jadi wwaspadalah pada kura2 yang pura2 mati bisa saja dia masih hidup/WASPADALah

  23. wawan Says:

    emailku:wawan_fg@yahoo.com kirim email ya sharing2 tentang turtle.yang jelas aku punya banyak pengalaman dengan kura

  24. wawan Says:

    setahuku kura2 itu hewan yang paling sulit mati asal ada air dan makanan apa saja. secara kura2 pemakan segala.ada yang jual kura2 selain brasil nga kalo ada mau dong?asal harganya harga teman please


  25. kura2ku bertelur gmn nih???????

  26. leony Says:

    kura2 saya bertelur 3 butir tapi anehny kura2 saya cuma 1 ekor tapi kenapa bisa bertelur 0_0’? kawin ama sapa coba? dulu mang ad 2 ekor tapi kabur waktu umur 1 tahun lebih gitu.nah sekarang yg jantan ini namany bobi uda besar banget melebih ukuran 2 telapak tangan gorila. tapi kok bisa bertelur?

  27. Fikrie Says:

    buat yang suka kura-kura dan mau memelihara aneka jenis kura-kura darat atau air, lokal atau impor, kunjungi aja http://www.cheloniapolys.multiply.com

  28. hanum Says:

    tks info kura-kuranya. kami punya satu, ia datang sendiri ke rumah. jadi jatuh cinta dengannya dan ingin beli buat temannya. biar sepasang.

  29. are bebo Says:

    well bgs bgt..
    jd ngerti nie..
    aku jg pny kura brazil jenisnnya..

  30. AR Says:

    kura2 q ganas, jari q uda cuil sedikit gara2 tuh kura2 q sogok2,melawan dia,jari q cuil deh,ada gak yg tau bikin kura2 jinak.

  31. D.Habibah Says:

    Wah..
    Chelonia mydas n biNatang my fapourit tp lom sMpet sy pNy, pgn bgt hal ap’pun gMbrx kura” 1 love chelonia mydas. Selain misterius, bntn9 n m9hnyutkn stiap org yg mLhtx.. Sepert diam ttph mMpunyai kMmpuan yg tdk dpt diduga gto.. MnurQ m9nai c chelonia n, sy sNen9 dgn cwo yg krktrx sPerti c chelònia mydas..Mdh2 Q dpt mNmuknx.
    Thks…
    S’tw sy chelo n klasifikasix sbg brikut:

    fhylum : chordata
    subfilum : vertebrata
    classis : reftilia
    ordo : testudinata
    familia : chelonidae
    genus : chelonia
    spesies : chelonia mydas
    ad lbh tw m9nai chelonia myds hbun9i e-mail sy y
    dolcea_habibah@yahoo.co.id

  32. tommy putra Says:

    kawan kawan setahu aku kura kura itu ada 3 jenis yaitu tortoise (kura-kura darat yg tidak suka air), terapine yaitu kura kura semi akuatik yang bisa di darat dan di air.dan penyu atau kura kura laut yaitu seperti penyu hijau, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu tempayan
    kalo terapine itu ada yang cangkang lunak yag sering disebut bulus (tryonix sp) dan kura kura mulut babi dari irian jaya dan ada yang cangkang keras dari jenis Amyda sp dan Elseya sp

  33. tommy putra Says:

    mas ikutan nimbrung ya ….kura-kura ada 3 jenis yaitu tortoise, terapin dan sea turtle atau penyu.
    tortosie itu sebutan untuk kura-kura yang hanya dapat hidup di darat saja di indonesia contohnya indotestudo forsteni, yang ke dua terrapine yaitu sebutan untuk kura kura semi akuatik yang dapat hidup di darat dan di air. di Indonesia contohnya kura-kura ambon (Cuora amboinesnsis),kura kura dada merah,dan dada putih (Elseya sp) dari irian jaya.dan yang ketiga adalah penyu seperti penyu hijau (Chelonia midas, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu tempayan.
    Jenis terrapin pun ada 2 jenis lho. yang pertama yang bercangkang lunak sering kita sebut bulus (Tryonix sp)dan kura kura mulut babi dari Irian Jaya.dan jenis kura kura air sendiri di atas.Di indonesia ini paling kaya jenis kura kura air tawar. semuanya ada 12 spesies lho. mungkin udah nambah kaleee he he he

  34. abangwan Says:

    Info berguna.Thanks a lot.

  35. Fey Says:

    Seneng bgt,ternyata banyak jg ‘pecinta’ kura2. Aku jg punya 3 kura2 brazil, pertamanya semua ukurannya sama, stelah beberapa lama eh jd 3 ukuran, yg gede skrg dah segede piring,truz yg sedeng (tp yg ini mati,kayanya diserang ama yg gede,suatu pagi waktu aku bangun dah terkapar mati)n yg kecil, skrg sih dah segede telapak tgn. Dulunya yg gede galak bgt,tiap mo dipegang,dia kaya yg marah mo gigit,truz ga tau knapa skrg jd jinak bgt.Mau kalo digendong2 n diajak maen hehehe.

  36. Agus Says:

    Hlo..aq pux 2 ekor kura2 brajil jantan(7 th) ama betina udah ber umur 8 th. Aq mau nanya umur produktif bertelur? ama tempt Bertelurx dimana? Bls ya thanks,.

  37. neng Says:

    wah ternyata kura2 yg drmh tuh betina, tp knp ya? yg 1 cpt gdenya yg 1 ttp kcl, pdhl mrka tuh seumuran. ko bs gt ya? faktor apa sich yg mmpngaruhinya?

  38. bungki Says:

    ku pengen kumpul ama penyayang kura, sambil bawa koleksinya, biar kura2 kita saling kenal

  39. hadi m Says:

    jika dibanting mati berarti bencong jika dibanting tetapi idup berarti be a man


  40. promosi be a man???

    ^_^”

  41. hana Says:

    kakak… klo kura” itu berbahaya paa g’??? soal’a… q bca d’situd laen.. kta’a berbahay?????

    T_T

  42. iruel Says:

    waduh mau agustusan cari design kura2 bingung, biasa karnafalan mau pajang pasukan gegana kura2 siap mati bela tanah air

  43. zahra putri Says:

    mas dcopy ya coz wat artikel dblog ney… tugas, gpp yaaa.. plissss…

    n kisah cintaku juga pergi bersama kura-kura kelamku….

  44. nia Says:

    Mas, aq punya 2 kura-kura msh kecil bgt,dan aq udah coba meraba cangkang di bagian bwahnya. Tapi sulit di identifkasi apakah kura-kura itu jantan ato betina, coz ukurannya juga masih kecil banget..Tak raba,kok kayake sama2 datarnya.Padahal waktu beli yang jualan kasih jantan dan betina, udah diplih’in juga. Tapi ya kayake cangkang bawahnya dua-duana datar-datar aja..Ada cara laen untuk membedakannya??

  45. anggun Says:

    mas,,q punya 1 kura2 yang masih baby banged…
    kira2 klo dewasa tu usianya brapa yach?

  46. iyas samsuri Says:

    Aku suka kura-kura di mana ada kura-kura aku slalu ingat temen aku yang jauh di sana!

  47. eko Says:

    temen aq ad yg suka kura” tapi bingung jelasin kura” nya jantan pa betina” dah dijelasin kaya yg di ats tapi masih ngeyel…jadinya di ajak becanda aj___kura” jantan tuh klo pipis diri klo yg cwe jongkok ^_^

  48. Henry Says:

    Ternyata melihara kura2 nagih ya?hehe
    Masih bingung mana jntan,mana btina..cngkang bwahnx datar semua..gmn dung??

  49. ardi Says:

    q d rumah pnya 4 kura yg satu kura ambon, yg 3 nya kura2 pa yagh, q gx tw jnisnya,tpi dy cri2nya agak gepeng,warna coklat,2 bulan yg lalu q pnya kura2 brazil pie dah mati,qlo da yg mau jual kura2 ksh tw q yea ni alamt e mail q (death_ardi@yahoo.co.id)

  50. ebil Says:

    kontol memek kampang

  51. tami Says:

    dlu aku punya 2 kura2…mati semua…di badannya kayak ada jamurnya gt…bentol2 terus mati :(( kacian bgt….skrg aku punya kura2 cuman 1…aku beli 6 bulan lalu stlh yg dlu mati.betina kayaknya tp ga tau berapa umurnya coz pas tak beli dlu ga kecil bgt tp juga belum gede…gmn ya cara ngukur umur kura2 ???

  52. Ghani kacak Says:

    Kamu semua orang Indon,AKU orang MALAYSIA bagus bangat DONGGGGGGGGGGGGGGGGGGG…..!!!!!!!!!

  53. hanie b Says:

    kura2 jantan sy mati…
    baru 2 bulan beli…
    kata leh than lama…
    apa silap salah saya….
    makan minum saya jaga…
    tempat saya cuci tiap hari…
    boleh sumbody tell me y??????


  54. kalo kura kura betina panjang kuku nya tuh di ruma ada 3 betina semua


  55. aku umur 9 udah tau jantan pendek kukunya

  56. denygidion Says:

    saya punya 7 kura2 brazil.setahu saya yg jantan lebih kecil, dan kukunya lebih panjang.Ada juga kura2 Jepara, coklat kehitaman ,1 ekor, jantan.

  57. fukkong Says:

    uuuuuuu

  58. Ronny Says:

    Waaaaaaahhhhhh…kalu gni makin cintrong ma turtle.dlu pny kura brazil bnyk.trus mati,skrng pnya dua.tar q liat ah,jantan smua apa btina smua.ciiiiiiiippppppp.thx infonya.

  59. agen C Says:

    ty info. muach

  60. inear Says:

    boleh gak aku copy?
    alna dirumah ku ada seekor anak kura2, aku dapat ma tmend2 waktu pulang dari kampus, kami beri nama “dipo” tapi kami gak tau jantan atau betina…
    ntar aku liat lagi akh….


  61. Broo…Ini kura-kura brazil bukan?
    Malez baca panjang-panjang

  62. kuyahejo Says:

    Aq pnya kura2. Ada 2, namanya Breen ‘n Ukuy.
    Breen ukuran skrng 11×9 Btina. Ukuy 9×8 blum jlz klaminnya, abiznya mazih kcl. Nah gmn ngabedain kura2 yang kcl kyak Ukuy ???…
    O ye…si Iqbal.D animals spupu GW

  63. yeri Says:

    aq jg punya kura2 brazil peninggalan adik.. aq rawat gt. di dalam air trus ap bsa bertelur ya.. pingn mengembang biakan kura2..

  64. agny kiasatina Says:

    aku punya kura-kura brazil. sepasang, yang betina namanya tuffy, yang jantan rocky. Udah 3 tahun 7 bulan aku ngerawat mereka. Keliatan sehat-sehat deh pada gemuk gitu. kira-kira kalo mereka kelihatan sehat gitu punya penyakit ga ya? aku udah sayang banget sama mereka. takut tiba-tiba mereka pergi

  65. rudi Says:

    suka kura-kura sejakkecil, karena aku pindah-pindah terus, dan kuliahnya kost jadi ngak punya koleksi……………..baru aku punya rumah aku sekarang koleksi, koleksi aku sekitar 200 an lah

  66. rudi Says:

    bagi yang mau tukar koleksi….hubungin aku lah

  67. maulana Says:

    ikutan nimbrung ya…
    aku punya kura2 brazil betina, dan kura2 matahari(kalimantan) jantan…
    kira2 bisa kawin gak ya mereka???
    aku pengen banget biakkin kura2 biar koleksiku banyak..
    thx

  68. bakti_youngboyz Says:

    gmna cara bedain yg jantan n btina xmx ke 089668137527 …aq pnya 10 .9 brazil 1 kura2 kepala besar

  69. zenko Says:

    kura kura aku di ganti makanan nya kok gak mau makan.trus gak gede2 dah 1tahun .

  70. ei Says:

    saya pny kura-kura 2,yang 1 bdan ny tumbuh besar tp yg 1nya lagi ukuran badannya ga bertambah besar,
    apa itu normal normal aja???
    apakah itu menandakan kalau salah satu dari kura-kura saya jantan???

  71. Nino tambob Says:

    Aku punya 5 ekor kura-kura, 1 kura brazil, 1 kura matahari, 1 nya biuku dan 2 nya kura rawa…
    Apakah biuku makanan nya sama dengan kura rawa??
    Coz dia agak malez makan…:(
    Mungkin kegedean cangkang ya?? Agak males gerak2 juga… :D

  72. aden. Says:

    agan2… Ane punya 2 kura2 brazil…
    Sbnr’a msih kcil (3 & 2 bulan),tp kok salah satunya suka getar2in kaki dpannya ke arah kepala kura2 lainnya….
    Apa itu cara menarik perhatian lwan jnis atw mungkin cuma bercanda…
    Soalnya mereka shat2 sih…
    Klw ad yg tw & jago piara, mhon infonya ke email aden_frzzhh@ymail.com, atw fb aden_frzzhh@yahoo.co.id.
    Tlong dbantu ya…
    Oh ya,w punya info bwt yg punya kura2 baby brazil,supaya shat n ga mati, pake bohlam/lampu pijar stiap mlam, dtaro di dkt tmpt jmur kura2..
    Pasti mreka sger dh…

  73. neah313 Says:

    hi,i’m from malaysia…boleh saya tahu macammana nak ajar supaya ianya boleh jinak dan tidak menggigit tuannya…?

  74. cik ziera Says:

    kure2 mkn ape???
    hmm

  75. kaana Says:

    Aku punya 2 kura- kura gak tau apa jenisnya sama itu jantan apa betina,tapi gara-gara udah dikasih tau jadi tau deh.ternyata kura-kuraku jantan sama betina.

  76. firdaus Line Says:

    kura-kura darat bsa di bedakan dg melht dada,tetapi kalau kura2 brazil/RES/red eared slider itu dibedakan dari ekornya,kalau panjang besar jantan,kalau pendek betina,dan jantan ukuran lebih kecil.

  77. tri basek Says:

    wak…aku punya 2 kura-kura masih kecil smua..tgl 14 february lalu belinya…ga tahu mana yg jantan n mana yg betina ya…ga apa la..aku kura-kura tidak tahu ja…..

  78. paaryo Says:

    saya punya kura2 tp saya tidak tau cara membiakannya

  79. myra Says:

    wahhh suka banget dong . .

  80. syasha Says:

    izin ku copy ya…penuh info ni..

  81. Siti Selamat Says:

    besar sungguh ciptaan ALLAH….

  82. elis siti rohani Says:

    kura kura usia 6 baru bertelur dalam kolam cuma 4 butir, gimana caranya agar telur telur itu menetas dgn baik?….

  83. elis siti rohani Says:

    kura kura di rumah usianya 6 thn br sekarang bertelur dikolam ada 4 butir. Gimana cara biar telur telur itu menetas dengan baik?

  84. abcdef Says:

    cara nya ngembangbiakin kura kura brazil gmn ? biar mau brtelur.. ada yg tau ? hubungi kesini dong nurulanggerdf@yahoo.co.id

  85. dhery. Says:

    ko bisa yah kura kura saya …dua duanya betina bisa bertelur tanpa jantan ?

  86. dhery. Says:

    kenapa tanpa jantan kura kura saya bertelur ??

  87. toni Says:

    mau gak tukaran kura2. aqu punya sekitar 15 kura sulteng

  88. indah Says:

    kura2 sya sudah brmur 2 thun tpi knpa pertumbuhanx sngat lambat? mksdx tidak bertmbah besar,,,,,,

  89. iin Says:

    saya juga punya kura2 brazil tapi blum tau jantan atau btina….

  90. arifien Says:

    gw pya kura2 brazil truz lgi ngentot di koolam, dah mau bertelor . bntar lgi pya anak klo mau bli di tokobagus.com cari yg namanya kura2 brazil belester java pokoknya keren kyak bule blesteran

  91. sopian Says:

    salam. maksih infonya.. ay punya dua ekor.. ga tau mana jantan mana betina… mungkin emank jntn smua krn kplanya bisa kluar masuk.. qeqeqe… udah gd gd. 2kg ada x bratnya.. ada yg mau bayarin..? Hehe…
    salam…

  92. achyar Says:

    gmn cara netasin telorx,, aq punya ni kura2 bru nelor 5 yg 1 msh utuh yg lain pecah keinjak smw,,
    klw ada yg tw bgi ilmux donk,,,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: